Friday 12 January 2018

Suka Begadang? Ini Akibat Dari Begadang, Dijamin Kapok Begadang

SSDI - Sobat Berbagi, banyak orang yang suka atau terpaksa begadang karena kerjaan. Tapi seperti yang telah diketahui, begadang itu sangat tidak sehat! Untuk yang masih ngeyel begadang itu buruk, berikut ini efek samping begadang!

INDAHNYA BERBAGI

Begadang dengan alasan apapun memang sangat tidak sehat, karena tubuh memerlukan cukup istirahat setidaknya 8 jam sehari. Jika masih ngeyel tetap ingin begadang, ini dia efek sampingnya!

Bisa berisiko terkena masalah Jantung

Orang yang tidur lebih dari 9 jam atau tidur kurang dari 5 jam, semuanya sama-sama terbukti punya dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Kemungkinan terbesarnya adalah berisiko punya masalah jantung koroner atau bahkan mengalami stroke jika kurang tidur.

Meningkatkan risiko kanker

Dengan durasi tidur yang singkat, maka berisiko terkena kanker usus besar, kanker prostat serta kanker payudara.

Masalah berpikir

Tidak tidur bisa menyebabkan beberapa masalah kognisi atau pikiran. Otak akan kehilangan energi dan menjadikannya tidak dapat berpikir kreatif atau memahami sesuatu.

Pelupa

Efek samping begadang lainnya adalah jadi lebih pelupa. Penelitian menunjukkan tidur punya dampak pada pembelajaran serta ingatan seseorang. Untuk itu tidur sangat penting agar otak dapat mengunci informasi yang baru didapat.

Masalah berat badan

Mereka yang istirahat dibawah 5 jam setiap malam, akan cenderung bertambah berat badannya bahkan bisa berakhir pada obesitas.

Risiko meningkatnya diabetes

Orang yang punya waktu tidur sedikit mempunyai peningkatan risiko untuk terkena diabetes. Kurang tidur akan meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, yaitu penyebab dari penyakit diabetes.

Terlihat lebih tua

Dengan kurang tidur atau punya kebiasaan tidur yang tidak teratur akan memiliki wajah yang jauh lebih tua dari usianya. Karena kurang tidur bisa menyebabkan garis-garis halus, warna kulit tidak rata, keriput serta kulit yang longgar.

Masalah dalam hubungan

Kurang tidur juga bisa menyebabkan kelelahan serta mengantuk, hal tersebut ternyata bisa mempengaruhi hubungan dengan pasangan.

Akibat lelah, maka anda akan cenderung murung dan punya emosi yang negatif pada pasangan. Hubungan jadi nggak nyaman deh!

Hormon seks menurun

Bagi para pria muda yang kehilangan tidurnya selama satu minggu, akan menunjukkan penurunan kadar testosteron. Jika beristirahat kurang dari 5 jam, maka akan mengurangi kadar hormon seks bahkan 10 hingga 15 persen! Nggak mau kan?


EmoticonEmoticon