Saturday 6 January 2018

5 Fungsi Wi-FI yang jarang kita ketahui

SSDI – Sahabat serba-serbi di zaman yang serba canggih ini, keberadaan Wi-fi tentunya bukanlah hal yang baru lagi. Berbagai macam perangkat seperti smartphone, televisi, hingga kamera kini sudah mempunyai teknologi Wi-fi.

Wi-Fi sendiri adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi internet berkecepatan tinggi.

Wi-fi dianggap menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat. Karena selain dapat mengganti peran dari sebuah kabel, fungsi-fungsi yang ada pada teknologi Wi-fi juga dianggap sangat membantu manusia pada zaman sekarang.

Umumnya, orang menganggap Wi-fi adalah sesuatu yang identik jika terkoneksi ke internet. Padahal selain itu, Wi-fi juga mempunyai fungsi lain khususnya di smartphone yang ternyata jarang digunakan.

Berikut beberapa kegunaan Wi-Fi yang jarang diketahui atau digunakan:

1. Mengubah menjadi modem portable

Selain untuk berinternet, dengan menggunakan kemampuan tethering, smartphone sobat serba-serbi juga bisa diubah menjadi pemancar sinyal atau modem Wi-fi. Namun harus Sobat serba-serbi tahu, penggunaan tethering pada smartphone dalam jangka lama dapat membuat baterai smartphone boros.

2. Mengubah smartphone menjadi keyboard atau mouse

Smartphone yang sedang Sobat serba-serbi genggam sekarang ternyata bisa disulap menjadi keyboard atau mouse darurat. Bagaimana caranya? Sobat serba-serbi tinggal memasang aplikasi remote yang banyak bertebaran di app store seperti Intel Remote Keyboard. Dengan terhubung ke Wi-fi yang sama, Sobat serba-serbi bisa mengubah smartphone jadi mouse dan keyboard.

3. Screen mirroring

Fungsi Wi-fi yang lain di smartphone adalah Sobat serba-serbi bisa membuat apa yang ada di smartphone Sobat serba-serbi tampil di layar laptop atau monitor televisi pintar. Dengan begini kamu bisa membuat presentasi cukup dari smartphone kamu. Caranya kamu cuma butuh aplikasi mirroring seperti Cubetto, Pushbullet, atau AirDroid yang juga bisa Sobat serba-serbi dapat di app store.

4. Transfer file dari dan ke laptop atau komputer PC

Hanya dengan memanfaatkan salah satu fungsi Wi-fi ini, Sobat serba-serbi bisa dengan mudah dan cepat mentransfer file-file penting dari smartphone ke laptop ataupun sebaliknya. Caranya, cukup pasang aplikasi transfer file seperti AirDroid atau Xender. Jadi Sobat serba-serbi tidak perlu repot lagi colok sana colok sini untuk transfer data di laptop.

5. Terhubung dengan perangkat lainnya



Namanya ponsel pintar, tentu bisa berinteraksi dengan perangkat lain yang nggak kalah canggih. Caranya tentu dengan menggunakan teknologi Wi-fi. Perangkat seperti smartwatch, smart TV, hingga kamera mirrorless bisa dengan mudah terhubung dengan smartphone Sobat serba-serbi. Caranya Sobat serba-serbi tinggal menginstal aplikasi bawaan yang ada pada perangkat tersebut di smartphone.


EmoticonEmoticon