Sunday 31 December 2017

Kabar Gembira: Android Oreo Resmi Dirilis Untuk Xiaomi Mi A1

SSDI - Kabar gembira bagi Gadgeteers pengguna flagship Android One dari Xiaomi, Mi A1. Ponsel pintar tersebut baru saja mendapatkan pembaruan ke Android Oreo, tepat pada akhir tahun 2017 ini. Android Oreo membawa banyak fitur baru untuk Mi A1. Berikut caranya.


Sebelumnya, pada saat acara perilisan Xiaomi Mi A1 bulan September lalu, pihak Xiaomi memang mengatakan jika ponsel tersebut dijanjikan dapat upgrade ke Android Oreo sebelum bulan Desember berakhir. Berbeda dengan Nokia yang sudah merilis Android Oreo untuk Nokia 5 & 6 lebih dulu namun dalam versi Beta, Mi A1 mendapatkan Android Oreo non-Beta versi publik tepat pada tanggal 31 Desember ini.
Sebelum melakukan pembaruan via OTA (Over-The-Air), pastikan ponselmu memiliki baterai yang cukup serta memiliki sisa penyimpanan internal yang lapang sesuai dengan ukuran pembaruan ya. Lalu pastikan juga jika Gadgeteers sudah menginstall pembaruan keamanan bulan Desember (versi 7.12.19) agar dapat mendapatkan pembaruan Android Oreo.

Jika sudah, maka Gadgeteers bisa langsung ke menu Settings – About phone – Check for updates. Setelah muncul, pilih “Yes, I’m in”dan lakukan proses pengunduhan. Setelah proses unduh selesai, pilih “Install now”, dan ponsel akan melakukan restart dan menjalankan pembaruan. Setelah itu, ponsel akan menyala kembali secara otomatis dengan Android Oreo.

Yang perlu dicatat, software Android Oreo ini dirilis secara bertahap, sehingga membutuhkan waktu hingga beberapa minggu untuk sampai ke semua wilayah regional pengguna Xiaomi Mi A1. Namun beberapa pengguna telah melaporkan ke @GadgetGaul jika ponselnya telah berhasil melakukan pembaruan ke Android Oreo.

Selain membawa fitur-fitur dasar seperti smart text selection dan picture-in-picture, Android Oreo pada Mi A1 juga mendatangkan peningkatan kualitas kamera, performa, mengurangi jeda waktu menyala, serta menambah daya tahan baterai dengan mematikan proses aplikasi yang tidak diperlukan secara otomatis. Juga hadir sebuah fitur bernama “Rescue Party” yang dapat mencegah ponsel mengalami bootloop. Xiaomi juga mengaktifkan fitur fast charging untuk Mi A1, sehingga pengguna bisa melakukan proses pengecasan jauh lebih cepat, atau setara dengan Moto G5s Plus yang juga sudah dilengkapi fitur serupa.


EmoticonEmoticon