Sunday 12 November 2017

Penetapan TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid Sebagai Pahlawan Nasional


Mataram  – Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi menyatakan penetapan gelar Pahlawan Nasional untuk Tuan Guru Kyai Haji (TGKH) Zainuddin Abdul Madjid penting bagi anak muda di NTB. Karena NTB belum memiliki tokoh yang bergelar Pahlawan Nasional. Hal ini disampaikan usai Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2017 di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB, Selasa, 10 November 2017.

“Ini penting buat anak muda kita, karena kalau tidak ada pahlawan kita nanti mungkin sekian tahun ke depan anak muda kita akan bertanya-tanya. Kita ini di NTB memang gak ada kontribusi? Mana pahlawan kita?” ujarnya di hadapan awak media.

Penetapan ini menurutnya juga menjadi simbol bahwa NTB juga memiliki peranan dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Termasuk dalam usaha mengisi kemerdekaan, TGB juga menyebut NTB tidak kalah dari anak-anak bangsa di provinsi lain.

Selain itu, TGB juga mengajak pemuda NTB menjadikan Maulana Syekh sebagai inspirasi dalam berjuang meraih mimpi dan cita-cita. “Bisa jadi inspirasi bagi anak muda dan generasi sekarang, karena beliau berjuang dalam suasana yang penuh keterbatasan dan intimidasi penjajah yang luar biasa ketika melakukan perjuangan,” sahutnya.

“Jadi seperti pesan Mensos tadi, apa yang menggerakkan kita adalah harapan untuk menjadi sesuatu yang lebih baik. Menurut saya dengan adanya pahlawan termasuk beliau ini, itu artinya harapan itu tetap menyala pada kita semua. Bahwa Indonesia yang kita cintai ini akan lebih baik di masa mendatang,” pungkasnya.

Peringatan Hari Pahlawan tahun ini diakui TGB menjadi peringatan spesial karena diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 115/TK/Tahun 2017 yang menetapkan Maulana Syekh sebagai Pahlawan Nasional. Rangkaian upacara tadi diisi pula dengan penyerahan keppres tersebut pada ahli waris ahli waris TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, Ummi Hj. Sitti Rauhun yang turut hadir.

Usai upacara, rombongan Gubernur beserta seluruh kepala OPD Lingkup Pemerintah Provinsi NTB bersama-sama berziarah ke makam TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid di Pancor Lombok Timur.


EmoticonEmoticon